A. Pengertian Model Numbered Heads Together
Number
Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada
aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai
sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Spencer Kagan
memperkenalkan model ini pada tahun 1992. Model pembelajaran ini biasanya
diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing siswa
dalam kelompok sengaja diberi nomor untuk memudahkan kinerjakerja kelompok,
mengubah posisi kelompok, menyusun materi, mempresentasikan, dan mendapat
tanggapan dari kelompok lain. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa
lngkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melaksanakan model pembelajaran ini
adalah :
1. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan
masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut.
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakan permasalahan.
3. Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap
paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.
4. Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang
bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok.
5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru
menunjuk nomor yang lain.
6. Kesimpulan
Model
pembelajaran Number Heads Together ini sangat sesuai jika dipadukan dengan
metode diskusi dan pendekatanya adalah inquiri. Namun sebelumnya
ada baiknya jika kita menyeleksi KD yang tepat untuk model pembelajaran ini.
Setiap
model dan metode yang kita pilih, tentu memiliki plus-minus sendiri-sendiri.
Salah satu kekurangan dari metode ini ialah kelas cenderung jadi ramai, dan
jika guru tidak dapat mengkondisikan dengan baik, keramaian itu dapat menjadi
tidak terkenal, sehimgga menggangu proses belajar mengajar, tidak hanya dikelas
sendiri, tetapi bisa juga mengganggu di kelas lain. Terutama untuk kelas-kelas
dengan jumlah murid yang lebih dari 33 orang.
Kelebihan Model Number Heads Together :
1. Setiap siswa menjadi siap semua
2. Dapat melakukan diskusi mengajari siswa yang
kurang pandai
Kelemahan Model Number Heads Together :
1. Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil
lagi oleh guru
2. Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh
guru
Modifikasi dari Number Heads Together
Siswa
dikelompokan dengan diberi nomor dan setiap nomor mendapat tugas berbeda
dan nantinya dapat bergabung dengan kelompok lain
yang bernomor sama untuk bekerjasama.
Langkah-langkah :
1. Siswa dapat dibagi dalam kelompok, setiap
siswa dalam kelompok mendapat nomor.
2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama antar
kelompok, siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa
siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini, siswa dengan
tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama mereka.
4. Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari
kelompok yang lain.
5. Kesimpulan.
Kelebihan :
1. Setiap siswa menjadi siap semua.
2. Dalam melakukan diskusi dengan
sungguh-sungguh.
3. Dapat bertukar pikiran dengan siswa yang lain.
Kekurangan :
1. Guru tidak mengetahui kemampuan masing-masing
siswa.
2. Waktu yang dibutuhkan banyak.
B. Materi Pembelajaran yang Cocok dengan Model
Number Heads Together
a.
Kelas
5 :
·
Alat
pernapasan pada manusia dan hewan
·
Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
b.
Kelas
6 :
·
Perkembangbiakan
makhluk hidup
c.
Alasan
memilih materi tersebut
Alasan pada materi pelajaran tersebut guru
susah menyampaikan atau menyajikan materi pelajaran secara konkret (apabila
media pembelajaran yang dimiliki terbatas), maka dengan menggunakan model
pembelajaran Number Heads Together siswa bisa memahami pelajaran lebih cepat.
Karena dalam model pembelajaran ini siswa bisa
melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh dan siswa yang pandai dapat mengajari
siswa yang kurang pandai, sehingga setiap siswa memperoleh pemahaman tentang
materi tersebut secara merata.
0 komentar:
Posting Komentar