Media
visual
Kelebihan media visual:
1.
Repeatable, dapat dibaca berkali-kali
denga menyimpannya atau mengelipingnya.
2.
Analisa lebih tajam,dapat membuat orang
benar-benr mengerti isi berita dengan analisa yng lebih mendalam dan dapt
membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Kekurangan media visual
:
1.
Lambat, dan kurang praktis
2.
Tidak adanya audio, media visual hanya
berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar .sehingga kurang mendetail materi
yang disampaikan.
3.
Visual yang terbatas, media ini hanya
dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita.
4.
Produksi, biaya produksi cukup mahal
karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati
oleh masyarakat.
Audio
Kelebihan Dan
Kekurangan Media Audio
Kelebihan Media Audio:
·
Kelebihan Media
Audio , Sadiman ( 2005 : 50 ) , adalah :
1. Harga murah dan variasi program lebih banyak dari
pada TV.
2. Sifatnya mudah untuk dipindahkan.
3. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam
radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
4. Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran
siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan
sebagainya.
5. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca
puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
·
Kelebihan
lainnya dari Media Audio, Sadiman ( 2005 : 51 ) ,
yaitu :
1. Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya
menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam
mengajar tergantikan.
2. Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari
segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai
waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.
3. Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya
siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar
topik.
4. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.
·
Kelebihan Media Audio, Arsyad ( 2003 : 45 ) , adalah :
1.
Merupakan peralatan yang sangat murah dan lumrah sehingga mudah
dijangkau oleh
masyarakat.
2. Rekaman dapat digandakan untuk
keperluan perorangan sehingga isi pesan
dapat berada ditempat
secara bersamaan.
3. Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian
4. Rekaman dapat digunakan sendiri sebagai alat
diagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan berpidato.
5. Dalam pengoperasiannya relatif sangat
mudah.
Kekurangan Media Audio
·
Kekurangan Media Audio, Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah :
1. Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu
pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada ditengah –
tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka penentuan
putaran.
2. Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam
– macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada
suatu mesin perekam yang berbeda.
·
menurut Rivai ( 2005 : 131 ) penggunaan Media Audio dalam
dunia pengajaran memiliki kekurangan antara lain
:
1. Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman
yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara
belajar khusus.
2. Media Audio yang menampilkan symbol digit dan
analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu
memerlukan bantuan pengalaman visual.
3. Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa
dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata –
kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
4. Media ini
hanya akan mampu melayani secara baik
bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.
5. Penampilan melalui ungkapan perasaan atau symbol
analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan
pengalaman analog tersebut pada si penerima.
Bila tidak bisa maka akan terjadi kesalah pahaman
Audio visual
Kelebihan & Kelemahan Media Audio-Visual
Beberapa Kelebihan atau kegunaan media Audio-Visual pembelajaran sama
dengan pengajaran Audio & visual yaitu:
1. Memperjelas penyajian
pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis
atau lisan belaka)
2. Mengatasi perbatasan
ruang, waktu dan daya indera, seperti:
a.
Objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar,
filmbingkai, film atau model
b.
Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau
gambar
c.
Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame
lapse atau high speed photografi
d.
Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi
lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
e.
Obyek yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model,
diagram, dll
f.
Konsep yang terlalu luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat
di visualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar,dll.
3. Media audio visual
bisa berperan dalam pembelajaran tutorial.
Pengajaran audio-visual juga mempunyai beberapa kelemahan yang sama
dengan pengajaran visual, yaitu :
1. Terlalu menekankan
pentingnya materi ketimbang proses pengembangannya dan tetap memandang materi
audio-visual sebagai alat Bantu guru dalam mengajar.
2. Terlalu menekankan
pada penguasaan materi dari pada proses pengembangannya dan tetap memandang
materi audio visual sebagai alat Bantu guru dalam proses pembelajaran. Media
yang beoriantsi pada guru sebernarnya
3. Media audio visual
cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
4. Media audio-visual tidak
dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karna media audio-visual cenderung
tetap di tempat.
Media realia
Kelebihan media realia
1.
realia mampu menjelaskan hal-hal yang
abstrak dengan hanya sedikit atau tanpa keterangan verbal
2.
Realia memiliki kemampuan untuk
merangsang imajinasi pengguna dengan membawa kehidupan di dunia nyata ke dalam
perpustakaan ataupun ke dalam kelas
3.
Realia dapat memberikan pengguna
pengalaman langsung dan nyata, pengalaman keindahan yang tidak bisa didapat
melalui media lain.
4.
realia memiliki potensi untuk digunakan
dalam berbagai topik mata pelajaran.
5.
Realia mampu meemberikan pengalaman
belajar langsung (Hands on Experience) bagi siswa.
Kelemahan media realia
1.
Untuk memungkinkan suatu realia
ditampilkan dalam suatu ruangan kadang sangat sulit karena ukuran yang terlalu
besar (contoh: lokomotif, pesawat, mobil), atau terlalu kecil (contoh: kuman)
atau memang tidak memungkinkan untuk ditampilkan (contoh: bulan).
2.
keterbatasan realia adalah adanya
kemungkinan siswa mempunyai interpretasi yang berbeda terhadap objek yang
sedang dipelajari.
3.
informasi yang ingin disampaikan akan
berbeda sehingga tidak sesuai dengan yang diharapkan.
0 komentar:
Posting Komentar